Alhamdulillah!!, Guru, Perawat dan Dokter Menjadi Prioritas CPNS Daerah Tahun 2017

Posted by

SITUSPNS.COM--Meskipun Moratorium CPNS 2017 masih tetap berjalan namun Pemerintah sudah mulai membuka CPNS 2017 jalur khusus. Berikut ini beberapa formasi yang menjadi Prioritas penerimaan CPNS daerah 2017.

Dalam beberapa hari ke depan tepatnya tanggal 1 Agustus 2017 akan dibukan pendaftaran Seleksi CPNS 2017 untuk Kemenkumham dan Mahkamah Agung. Beberapa instansi lain juga sudah bersiap seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama namun waktunya resmi diumumkan. Nah tahukah anda prioritas dalam seleksi CPNS tahun 2017 ini ? Berikut informasinya.
“Pengadaan formasi CPNS bakal diprioritaskan untuk bidang-bidang yang mendukung program Nawacita,” ujar Deputi SDM Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmadja di Jakarta. Sedangkan prioritas jabatan dalam pengadaan CPNS untuk instansi pusat adalah jabatan fungsional dan jabatan teknis lain. 

Dalam hal ini, jabatan-jabatan yang merupakan tugas inti (core business) untuk merealisasikan Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). “Untuk pemerintah daerah diprioritaskan untuk guru, dokter, perawat, dan jabatan-jabatan yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur,” ujarnya. 


Khusus untuk instansi pusat, lanjut Setiawan, dialokasikan formasi untuk lulusan terbaik (cum laude/dengan pujian) dari perguruan tinggi berakreditasi A. Untuk formasi ini paling kurang 10% dari total alokasi formasi yang ditetapkan. “Program studi terakreditasi A/unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cum laude/pujian pada ijazah atau transkrip nilai,” katanya. 

Selain itu, juga dialokasikan untuk penyandang disabilitas dengan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing instansi sesuai dengan kebutuhan jabatan. Instansi pusat juga diwajibkan mengalokasikan untuk pelamar dari Papua dan Papua Barat. Dalam hal ini mereka yang menamatkan pendidikan SD, SMP, dan SMU di wilayah Papua dan Papua Barat, atau berdasarkan garis keturunan orangtua asli Papua. 

Sebelumnya, dalam seleksi CPNS yang dibuka untuk Mahkamah Agung (MA) serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan pemerintah membuat kuota prioritas untuk lulusan terbaik dan pelamar asli Papua. Dia berharap formasi prioritas ini dapat meningkatkan kinerja ASN. “Untuk lulusan cum laude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang,” katanya.

Sumber : okezone.com

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bermanfaat untuk sobat semuanya.

Blog, Updated at: Juli 28, 2017

0 komentar:

Posting Komentar