Tahun Depan, Gaji Guru Honorer Akan Dibiayai APBD Bukan Dari Dana BOS

Situspns.com-- Mulai tahun Depan gaji Guru Honorer akan dibiayai dari APBD bukan dari Dana BOS, itu berarti kesejahteraan Guru honorer akan meningkat.

Pemerintah menghapus alokasi dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer. Untuk menggantinya, Pemkot Tegal telah mulai mengalokasikan anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk menggaji guru honorer mulai 2018. ”Mulai tahun depan sudah ada perbaikan kesejahteraan guru honorer. Gaji tenaga honorer tidak lagi diambil dari BOS sekolah, nanti dibiayai oleh APBD,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Sudoro mewakili Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Johardi, Senin (10/7).
Sudoro menyebut, tidak hanya guru honorer, sejumlah tenaga honor di lingkungan SD dan SMPsederajat juga akan mendapatkan hal sama. Ia merinci, sedikitnya ada 172 guru honorer, 96 tenaga administrasi sekolah, dan 85 penjaga sekolah yang akan dibiayai APBD. Meski ia belum memastikan berapa besaran yang akan diterima tenaga honorer setiap bulannya, namun ia memastikan kalau jumlahnya cukup layak meski masih jauh dari Upah Minimum (UMK) Kota Tegal.
Belum Setara UMK
”Memang belum setara dengan UMK. Tapi paling tidak dapat sedikit meningkatkan kesejahteraan,” ucap dia.
Jumlah tersebut merupakan data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kota Tegal di tahun 2016. ”Jadi kalau sekolah masih ada honorer di luar itu ya sekolah yang bayar. Namun harapannya pihak sekolah sudah tidak lagi mengangkat tenaga honorer,” kata Sudoro.
Menurutnya, keberadaan tenaga honorer, khususunya guru honorer memang sangat dibutuhkan jasanya oleh sekolah. Mengingat sekolah masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) di setiap bidangnya dari 152 SD/MI, dan 34 SMP/MTs di Kota Tegal.
Dia menambahkan, sebelumnya pada tahun ini Pemkot Tegal juga telah mengangkat sejumlah tenaga honorer kategori dua (K2) yang memiliki masa kerja lebih dari 10 tahun menjadi tenaga karya Pemkot. Mereka mendapat penghasilan dari Pemkot sebesar UMK setiap bulannya
Sumber; Suaramerdeka
Demikian informasi mengenai Gaji Guru Honorer yang akan diambil dari APBD tidak lagi dana BOS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahun Depan, Gaji Guru Honorer Akan Dibiayai APBD Bukan Dari Dana BOS"

Posting Komentar