Wajib Baca!! Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Tahun 2017

Posted by

SITUSPNS.COM--Penerimaan CPNS tahun 2017 sudah mulai dibuka, walaupun masih jalur khusus saja yang dibuka. dan tidak menutup kemungkinan Kementerian lainnya akan membuka cpnsnya tahun ini. Oleh karena itu penting bagi rekan-rekan semua mengetahui Persyaratan Umum dan khusus CPNS 2017.

Info Penerimaan  CPNS Jalur Khusus 2017

Meskipun saat ini pemerintah masih melakukan moratorium CPNS, namun pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) mengumumkan secara resmi bahwa tahun 2017 ini membuka penerimaan CPNS untuk formasi jalur khusus.

Berikut adalah 4 kelompok SDM yang akan direkrut dalam Penerimaan CPNS tahun ini:
  • Pertama, untuk program wajib yang meliputi kesehatan, pendidikan (guru dan dosen), dan penanggulangan kemiskinan.
  • Kedua, program prioritas yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim, pembangunan ketahanan energi dan pembangunan ketahanan pangan.
  • Ketiga, tenaga penegak hukum.
  • Keempat, SDM untuk program dukungan reformasi birokrasi.
Seperti kita ketahui bersama bulan ini sudah diumumkan Penerimaan CPNS Kemenkumham dan Mahkamah agung yang pendaftaranya akan dimulai pada 1-31 Agustus2017.

Sebagai persiapan menjelang dibukanya pendaftaran, panitia menyarankan kepada calon pelamar untuk:
  • Mempersiapkan persyaratan pelamaran. Apabila terdapat hal-hal yang masih memerlukan penjelasan terkait persyaratan pelamaran tersebut, calon pelamar dapat menghubungi Call Center instansi tersebut (tertulis pada pengumuman dari instansi tersebut).
  • Mempersiapkan data-data kependudukan yang valid (KTP, Kartu Keluarga). Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan tersebut, disarankan agar calon pelamar segera memperbaharui data dimaksud di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.
  • Terus menerus memantau laman ini pada Situs Kemenpanrb, Situs BKN dan Situs instansi yang diminati sebagai antisipasi apabila terdapat perubahan-perubahan terkait pengumuman pendaftaran.
Dan tak lebih penting lagi untuk mengetahui Persyaratan Umum dan Khusus CPNS 2017 yang sudah kami himpun dari berbagai sumber:

Persyaratan Umum CPNS 2017

Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar;
  2. tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana
  3. tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  4. tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  5. tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  6. tidak memiliki ketergantungan terhadap obat obatan terlarang dan narkotika
  7. memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
  8. sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;
  9. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah
Persyaratan Khusus CPNS 2017

Persyaratan khusus adalah persyaratan tambahan lainnya yang diberikan oleh masing masing instansi pemerintahan baik pusat ataupun daerah sesuai kebutuhan jabatan. Persyaratan khusus antara instansi satu dengan instansi lainnya akan berbeda. Beberapa Persyaratan khusus yang biasa dipersyaratkan kepada pelamar diantaranya adalah:
  • Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang program studinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
  • TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450. 
Tata Cara Pendaftaran CPNS 2017
  • Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk bisa melakukan pendaftaran cpns.
  • Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id (alamat website bisa diakses setelah pengumuman resmi dibuka). dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, tempat lahir, tanggal lahir, alamat email dan password serta pilihan intansi yang dituju (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah pilihan terbaik anda, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada satu instansi).
Catatan:

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan bagi calon pendaftar CPNS tahun 2017, diantaranya adalah:
  1. Pendaftaran CPNS akan dilakukan secara online
  2. Email anda yang masih aktif
  3. Sediakan scan pas foto berukuran 4x6 dengan format JPEG dan maksimal file ukuran 300KB
  4. Scan ijazah dalam format PDF dengan maksimal file sebesar 300KB
  5. Scan Transkip Nilai dalam format PDF dengan maksimal file ukuran sebesar 300KB
  6. Scan Akte Kelahiran (PDF) max 300KB
  7. Scan KTP (JPEG) max 300KB
  8. Scan bukti akreditasi jurusan (PDF) max 300KB
Berkas-berkas berikut di bawah ini akan diperlukan akan tetapi tidak dikirimkan pada saat pelamaran/pendaftaran CPNS, namun baru dikirimkan setelah anda dinyatakan lulus ujian CPNS
  1. SKCK dari Pihak Kepolisian
  2. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah
  3. Kartu Kuning/kartu pencari kerja

Sumber:asncpns.com

Demikian informasi penting yang kami sampaikan mengenai Persyaratan Umum dan Khusus pada Penerimaan CPNS 2017, semoga artikel kami bermanfaat. Silahkan like dan share ya!! 

Blog, Updated at: Juli 20, 2017

98 komentar:

  1. Assalamualaikum,Min kalau yang mau daftar itu umurnya udah 40an boleh gak??krn sudah lama menjadi tenaga kerja honorer namun sampai saat ini belum diangkat menjadi PNS.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cpns jalur umum kayaqnya tidak bisa karena pemerintah hanya mengangkat cpns sampai umur 35

      Hapus
    2. Sbnrnya bisa umur maks 40 th klo kebijakan sprti tahun 2009. Skrg kebijakannya beda tiap tahun.

      Hapus
  2. Kalau telinga bekas tindik bisa atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terlalu membekas kayqnya tidak bisa

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kalau masih kuliah semester 6 boleh gak mendaftar??

      Hapus
    2. Mau mendaftar dengan ijazah SMA boleh,, kan ada bukaan pada cpns kemenkumham untuk jurusan SMA

      Hapus
  4. Klu boleh tau tes kesehatannya seperti apa SLTA dan S1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal tes kesehatan admin tidak tahu pasti apa yg diperiksa

      Hapus
  5. Lalu soal Pnshonor gimana mana ya ? Yg SDH mngbdi selama 10 tahun... Belum diangkat juga jadi PNS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu informasi pengangkatan honorer K2 tanpa tes mudahan segera terealisasi

      Hapus
  6. Mohon maaf mau nanya...pendaftarannya dimana yh min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti akan mulai dibuka pada 1 AGustus 2017 untuk SMA dan S1 di CPNS Kemenkumham dan MA

      Hapus
    2. Mw nanya pak. Lw jalur pol pp honor uda 10. Kapan diangkatnya pak cpns.tks kalbar

      Hapus
  7. Ada gak penerimaan CPNS dikepulauan NIAS min.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua Provinsi ada dibuka untuk CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung 2017

      Hapus
  8. Ada videonya ga soal pernyataan langsung dr menteri?

    BalasHapus
  9. Selamat sore.. Sy mw tanya apakah bisa daftar cpns ini tdk diharuskan salah satu syrat yg ditentukan,salah satu nya akte kelahiran nya?krna tdk ada akte kelahiran q..
    Dan kapan terakhir penutupan nya? Tolong dibls yah.. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa kalo ga da ktp dan akte, penutupan untuk SMA dan D3 pada 26 agustus dan untuk s1 pada 31 agustus 2017

      Hapus
  10. formasi guru kapan dibuka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belum ada info nih gan

      Hapus
    2. Tapi ini sudah pasti ada formasi gurunya kan?
      Berarti yang untuk pndaftaran spanjang agustus ini khusus untuk KEMENKUMHAM dan MAHKAMAH AGUNG saja?

      Hapus
  11. Min mau nanya klw ijazah nya blm ada, apa boleh pake SKL surt keterangan lulua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu admin kayaqnya belum bisa kalo tidak ada ijazah asli

      Hapus
  12. kapan dibuka pendaftaran cpns formasi guru. min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belum buka, menurut info sih cpns guru akan dibuka juga tahun ini

      Hapus
  13. Mohon maaf mau nanya.saya udah mengapdi sebagai tenaga honorer di instansi pemerintah...udah 8 tahun.kok belum ada di angkat . terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harap bersbar pak , karena masih belum ada pengangkatan honorer tanpa tes, tunggu bukaan cpns jalur umum saja dulu

      Hapus
  14. Sertifikat toefl nya mutlak harus ada kah ?? Soal nya kursus msh 2 bln lg selesai,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung cpnsnya yng buka membutuhkan atau tidak, kalo cpns kemenkumham tidak mesti

      Hapus
  15. akreditasi c dari jurusan s1 dari perguruan tinggi atau universitas lain. apakah bisa diterima syaratnya...?

    BalasHapus
  16. christo baga28 Juli 2017 08.34

    untuk tingkat SMA di buka tgl 1 sampai kpan? mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari tanggal 1 Agustus sampai 26 agustus 2017, silahkan baca info selengkapnya di www.menpan.go.id

      Hapus
  17. Klau keperawan ada buka gx?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada untuk cpns kemenkumham ada. tapi harus yang sudah profesi dan punya STR,, silahkan cek infonya dibawah ini
      http://www.situspns.com/2017/07/ini-jadwal-resmi-pendaftaran-cpns-2017.html

      Hapus
  18. Akte hilang, ngurus ampe skarang blum jadi, gmana tu Min?

    BalasHapus
  19. Untuk tamatan SMA bisa ngga dan yg harus daftar apa harus punya pengalaman kerja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa asl umur maksima 28 tahun dan nilai rapor rata 7,0

      Hapus
  20. Min untuk daftar harus punya ktp yah, nggak boleh domisili atau kk gitu? Terus bisa lulusan sma ata sederajat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus ada KTP, silahkan buat KTP walaupun lulusan SMA

      Hapus
  21. Maaf min saya mau nanya. KTP saya itu ktp elektrik tp udah habis masa berlakunya dr bln lalu. Nah sya mau perbaharui tp dr dispenduk blg nya pakai aja dlu krn ktp elektrik itu uda seumur hidup, jd gmna masi bisa gk min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali bisa dipakai walaupun di KTP elektronik tertera masa berlaku habis tetap bisa dipakai

      Hapus
  22. Min mau nanya.. klo untuk tamatan SLTA yang mau ikut tes jalur umum, apakah hanya penjaga tahanan saja yang buka tahun ini? Atau ada yang lain lagi? Mohon infonya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hanya itu yang ada untuk penjaga tahanan

      Hapus
  23. apakah pendaftaran masih buka?...

    BalasHapus
  24. Ass, mau nanya min, klo ijazah D3 boleh nggak daftar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh asal jurusannya sesuai dengan formasi cpns yg dibuka, silahkan baca artikel penerimaan cpns kemenkumham di blog ini untuk baca formasi apa yg dibuka

      Hapus
  25. Utk bidan ada gak y pak?

    BalasHapus
  26. pakai sertifkat komputer gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ada lampirin saja, yang formasi untuk SMA sederajat harus bisa komputer soal syaratnya

      Hapus
  27. Lulusan smk bisa atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa pak, besok tanggal 1 Agustus dibuka pendaftarannya.
      Usia Maksimal 28 tahun

      Hapus
  28. Scan bukti akreditasi gmn?? Minta ke kampus kh.. Untuk tes guru sdh buka kh min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akreditasi ya harus minta dikampus, tapi kalo tidak disuruh upload atau sebagai persyaratan sih tidak perlu harus kekampus, kan sekarang ada tuh cara cek akreditasi kampus secara online.
      untuk CPNS Guru masih belum ada yang buka, insyaallah akan segera dibuka tahun ini

      Hapus
  29. Kalo Melampirkan SK Honorer dalam Point

    "Berkas-berkas berikut di bawah ini akan diperlukan akan tetapi tidak dikirimkan pada saat pelamaran/pendaftaran CPNS, namun baru dikirimkan setelah anda dinyatakan lulus ujian CPNS
    3. Kartu Kuning/kartu pencari kerja"

    Bisa tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tidak masuk dalam persyaratan tidak bleh, silahkan kirim berkas sesuai persyaratan

      Hapus
  30. min D3 geografi bisa gk ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf belum ada untuk D3 Geografi di Formasi cpns kemenkumham 2017

      Hapus
  31. Gan mau nanya, inikan yg keterima nnti 14rb untuk Ijazah SMA. Trus di setiap daerah ada msing2. Nnti pas slsai ujian dtntuin ranking nya gak ??? 1-14rb??? Atau dipotong lagi stiap daerah jatah nya cuma sekian? Mihon pncerahannya😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap daerah ada jatahnya masing-masing.. silahkan tanya ke kantor Dinas Hukum dan Ham diprovinsi sobat, untuk jelasnya berapa dapat jatahnya provinsi dimana sobat mau melamar cpns Kemenkumham

      Hapus
    2. klo lulusan D3 tek.listrik kosentrasi tek.computer jaringan bisa tdk??

      Hapus
  32. Ini ditempat kan dimana min. ??

    BalasHapus
  33. Ass, sekedar masukan. alangkah baik nya perekrutan dalam 1KK paling nga ada satu yg lulus jdi bisa membantu perekonomian keluarga nya n mengurangi kemiskinan sedikit. jgn pula banyak yg udah berkeluarga yg lulus seperti kebanyakan tahun tahun sebelumnya. Makasih. Ass

    BalasHapus
  34. Min kalo lulusan s1 s.pd bisa nggak ya sedangkan di sana nggak ada, trus mau melamar yg di lulusan SMA,.bagian penjaga tahanan bisa nggak

    BalasHapus
  35. Pak, klo s1 bahasa inggris bisa ngga? oh ya gmn pak kli ga pny scan akreditas jurusan.

    BalasHapus
  36. Ass, min ini semua jurusan yach ygvditeruma, atw cmn guru dengan kesehatan,,

    BalasHapus
  37. Kalo raport smanya ga ada gimana min??

    BalasHapus
  38. Untuk FARMASI ada buka gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di CPNS Kemenkumham ada, silahkan download pengumuman resminya di Menpan.go.id

      Hapus
  39. Klu sudah pernah di pidana, tpi cuma 6bulan gmna ?

    BalasHapus
  40. Balasan
    1. baca postingan kami berikut ini jika pengen tahu cara daftarnya
      http://www.situspns.com/2017/07/ayo-daftar-cpns-resmi-dibuka-hari-ini.html

      Hapus
  41. Kalo program studi teknologi pendidikan bisa ikut tes gk min?

    BalasHapus
  42. Klu daftar d kemenkumham trus besok" ad kementrian lain yg buka juga, bisa daftar lagi kah...

    BalasHapus
  43. pak saya mau nanya utk syarat skck dan kartu kuning itu di prlukan pada saat mendaftar atau saat sudah dinyatakan lulus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi, Min mau tanya kalau ibu hamil bisa ikut mendftr tidak yah? mohon konfirmasinya☺ thanks

      Hapus
    2. kayaqnya bisa, soalnya ga ada dipersyaratan yang melarang ibu hamil, silahkan daftar

      Hapus
    3. slmat pagi min, mau tanya lagi ni.. kalo misalnya skrg saya tinggal dibagian Sulut terus ikut mndftr pake ijzah D3 pnmptannya kan hanya di Kalbar,NTT,dn Papua, kira2 ikutan tesnya dari Sulut atw harus ditempat penempatannya ya? tlong konfirmasinya min.. trimahkasih��

      Hapus
    4. harusnya di penempatan tempat tesnya

      Hapus
  44. Min mau tanya, nama sya pada KTP dgn nama pada ijazah beda satu huruf. Kira2 gimana ya? Trim's..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa, silahkan ubah ktp agar sesuai dengan ijazah, langsung ke Dinas Catatan sipil

      Hapus
  45. Slmt pg min kok pas daftar pas isi pendidikan trus tlis sma ..data untuk nilai rata2 langsung hilang...pas mau daftr langsung eror gmana tu min.(internal server eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ulang mungkin server lagi bermasalah

      Hapus
  46. Kalau untuk bidan ada tidak gan?

    BalasHapus
  47. teman saya nanya itu kalau ijasah SMA atau SMP bisa ngga yah 😇

    BalasHapus
  48. Admin lau Lulusan s1 tpi akrditasi prodi c bisa ngk..

    BalasHapus