Cara Cek Saldo Dana Pensiun Dan Tunjangan Hari Tua PNS Melalui E-Klim Taspen

Posted by

SITUSPNS.COM-- Setiap PNS pasti akan menempuh masa pensiun, oleh karena itu perencanaan waktu pensiun bagi pns itu perlu. karena dengan perencanaan yang matang maka kesejahteraan PNS setelah tidak aktif lagi sebagai PNS akan tetap terjaga. Oleh karena itu PNS wajib tahu estimasi saldo dana pensiun yang akan diterima nanti sehingga bisa mengambil ancang-ancang usaha apa yang akan digeluti saat pensiun nanti.

Cara cek saldo dana pensiun PNS dan THT pada situs TASPEN
Kali ini kami mencoba untuk membagikan informasi kepada para PNS mengenai Cara untuk melihat besaran dana pensiun dan tunjangan hari tua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pengelolaannya dipegang oleh PT.TASPEN (Persero). Melalui situs resminya e-klim.taspen.com. Kami juga pernah menyinggung mengenai tata cara pembayaran dana pensiun yang direncanakan akan dirubah oleh pemerintah, untuk infonya Anda bisa cek Dana Pensiun PNS Tidak Diterimakan Perbulan Lagi.

Saat ini PNS sudah dapat melihat estimasi perkiraan dan perhitungan dana pensiun yang akan diterima PNS ketika sudah masuk usia pensiun. Program Pensiun Pegawai Negeri Sipil merupakan jaminan hari tua berupa pemberian uang setiap bulannya kepada PNS yang telah memenuhi kriteria yaitu sebagai berikut:
  1. PNS (tidak termasuk PNS di lingkungan Departemen Hankam)
  2. Pejabat Negara
  3. Pegawai BUMN/BUMD yang terdaftar.

PT Taspen juga melakukan pembayaran pensiun kepada :
  1. Penerima Pensiun Pejabat Negara
  2. Penerima Tunjangan Perintis Kemerdekaan
  3. Penerima Tunjangan Veteran
  4. Penerima Pensiun Anggota TNI/POLRI yang pensiun sebelum April 1989
Perlu kita ketahui tujuan dan manfaat uang pensiun dan tunjangan hari tua Pegawai Negeri Sipil adalah untuk :
  1. Memberikan jaminan hari tua bagi para Pegawai Negeri atau peserta taspen pada saat mencapai usia pensiun.
  2. Dan juga sebagai penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri peserta taspen setelah yang bersangkutan memberikan pengabdian kepada negara.


1. Silahkan Anda masuk pada alamat situs website e-klim taspen : 
e-klim.taspen.com/eklim/estimasi
2. Anda akan masuk pada aplikasi Taspen Estimasi Hak Pensiun sperti tampak pada gambar berikut :

arlinadesign

3. Masukkan 9 digit NIP lama atau 18 digit nomor Kartu Pegawai Elektronik (KPE) atau NIP baru (tanpa spasi) Anda pada kolom pertama dan tanggal lahir pada kolom kedua dengan urutan tahunbulantanggal (19851201). Kemdian klik Login.

arlinadesign

4. Silahkan Anda klik link atau tautan berdasarkan Estimasi yang ingin dihitung. Kemudian masukkan NIP lama atau baru tanpa spasi kemudian klik Submit untuk melihat hasilnya seperti tampak pada gambar berikut:
arlinadesign

arlinadesign
Hasil Perhitungan Estimasi Dana Pensiun

Nah, itulah cara untuk melakukan pengecekan Saldo dana Pensiun PNS dan Tunjangan Hari Tua. Semoga dengan mengetahui jumlah nominalnya bapak ibu PNS dan peserta Taspen bisa mendapatkan bayangan bagaimana nasib dan perjalanan hidup setelah memasuki masa pensiun.

Sumber:mardiyas.com

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bermanfaat buat rekan-rekan PNS semuanya.


Blog, Updated at: Agustus 06, 2017

0 komentar:

Posting Komentar