Masih Bertanya Gaji ASN Kapan Berlaku? Ini Jawabannya

SITUSPNS.COM--Membahas tentang profesi PNS, cukup banyak orang yang merasa iri pada mereka yang bisa bekerja sebagai PNS? Mengapa?salah satunya adalah karena gaji yang ditawarkan kepada per orangnya. Bagi Anda yang berprofesi sebagai PNS tentu kini tengah bertanya-tanya gaji asn kapan berlaku. Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sebenarnya Kapan Gaji ASN Berlaku?


Sebelum membahas gaji asn kapan berlaku, akan lebih jelas jika penjelasan kali ini diawali dengan sedikit ulasan tentang gaji ASN. Apa itu ASN? ASN merupakan kependekan dari Aparatur Sipil Negara. ASN sendiri adalah beberapa jenis profesi yang ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan kriteria tertentu. Beberapa contoh dari profesi tersebut adalah guru, dokter, petugas pelayanan pajak, dan sebagainya.

Seperti profesi lainnya, profesi ASN juga diatur dalam UU. Undang-undang yang mengatur ASN yaitu UU no 5 tahun 2004. Dalam undang undang ini para PNS akan mendapatkan gaji dengan mekanisme pemberian gaji sebagaimana yang ditetapkan pemerintah. Sistem pemberian gaji kepada para PNS bahkan telah terlebih dahulu dibahas. Hasilnya, keluarlah sebuah RPP terkait sistem penggajian para PNS. RPP yang dibuat ini tidak hanya berlaku untuk wilayah tertentu saja melainkan berlaku untuk seluruh PNS di berbagai daerah di tanah air.

Sistem penggajian baru seperti yang termuat dalam RPP sedikit banyak juga menyebabkan kekhawatiran di kalangan PNS. Mengapa? Diberlakukannya sistem penggajian yang baru membuat para PNS khawatir apakah gaji untuk para PNS akan naik atau turun. Kalaupun naik, apakah kenaikan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi PNS ataukah tidak. Oleh karena itu, untuk memecahkan kekhawatiran, satu hal yang sudah pasti harus dilakukan adalah memahami sistem baru untuk menggaji para PNS itu sendiri.
Selain UU yang mengatur ASN,  sistem penggajian juga ditentukan berdasarkan peraturan pemerintah. Baik UU maupun PP menyinggung bahwa ada ketentuan lebih lanjut mengenai pemberian gaji, fasilitas, maupun tunjangan kepada para PNS. Pemerintah kemudian menggunakan dua sumber aturan tersebut untuk merumuskan RPP yang mengatur gaji total untuk para PNS. Gaji total yang didapatkan para PNS bersumber dari jumlah beberapa jenis gaji yaitu gaji pokok, 2 jenis tunjangan, dan fasilitas. Nominal dalam semua jenis gaji tersebut kemudian dijumlahkan dan dibayarkan kepada setiap PNS.

Setelah mengetahui tentang pemberian gaji ASN berdasarkan UU dan PP, ada satu hal lagi yang harus disimak sebelum beralih pada jawaban pertanyaan gaji asn kapan berlaku. Apa itu? Yakni mengenai kesejahteraan tambahan yang akan diterima oleh PNS. Selain mendapatkan gaji total yang dibayarkan dalam bentuk single salary, setiap PNS juga akan mendapatkan asuransi atau jaminan seperti jaminan hari tua, jaminan kematian, jaminan pensiun, dan jaminan kecelakaan kerja. Namun, pengaturan pemerolehan jaminan tersebut diatur dalam PP lain. Jadi, PP tentang sistem baru penggajian tidak membahas aturan mengenai beberapa jenis asuransi yang disebutkan sebelumnya.

Sesuai dengan RPP mengenai sistem gaji ASN, ada beberapa komponen jenis penghasilan gaji yang dihapuskan. Komponen yang pertama adalah penghasilan yang termuat dalam PP no 7 Tahun 1977 yang meliputi tunjangan anak-istri, tunjangan jabatan fungsional-struktural, tunjangan pangan, tunjangan umum-khusus, dan sebagainya. Komponen kedua yang dihapuskan adalah tunjangan dalam PP no 41 tahun 2009. Komponen tunjangan dalam PP ini antara lain tunjangan kehormatan, tunjangan khusus, tunjangan guru dan dosen, tunjangan kehormatan professor, dan sebagainya.

Memasuki pertanyaan yang ditunggu-tunggu, gaji asn kapan berlaku, berikut penjelasannya. Pemberlakuan sistem baru mengenai pemberian gaji ASN masih cukup simpang siur. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa sistem diberlakukan pada 2017 atau 2018. Sumber lainnya menyebutkan bahwa sistem baru ASN baru bisa diberlakukan pada 2019 karena saat ini RPP masih dalam tahap penyempurnaan. Singkatnya, belum ada pernyataan resmi mengenai pemberlakuan sistem baru ini.

Demikian informasi mengenai Kapan gaji asn akan diberlakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masih Bertanya Gaji ASN Kapan Berlaku? Ini Jawabannya"

Posting Komentar